Profil Kependudukan Biro Pemerintahan

Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi berdasarkan pasal 13 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah  dan pasal 14 untuk Kabupaten/Kota, maka sebagai daerah otonom mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengelolaan Administrasi Kependudukan menurut pasal  22 Undang- Undang nomor 32 Tahun 2004.

Jumlah penduduk yang semakin bertambah dari tahun ke tahun akan berimplikasi terhadap meningkatnya kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, papan, energi, meningkatnya kebutuhan pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, meningkatnya persaingan lapangan kerja, semakin sempitnya lapangan dan peluang kerja, meningkatnya pengangguran khususnya bagi mereka yang tidak mampu bersaing.

Untuk mengatasi masalah kependudukan tersebut sudah barang tentu diperlukan data kependudukan yang benar, valid dan akurat. Data penduduk yang dihasilkan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi kependudukan seperti jumlah penduduk, struktur dan komposisi penduduk serta persebarannya.

Tersedianya data kependudukan yang baik dalam arti mampu mengobservasikan peristiwa –peristiwa vital, kelahiran, kematian, perpindahan dirasakan semakin penting dalam rangka menunjang keberhasilan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Data dan informasi mengenai kependudukan yang sudah cukup lama dan tersebar di berbagai instansi atau lembaga pemerintahan sudah banyak dikembangkan untuk berbagai kebutuhan. Apabila data dan informasi yang ada tersebut berhasil diintegrasikan secara menyeluruh, niscaya akan menjadi aset sekaligus informasi yang berarti untuk perencanaan pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.